RSUD Gelar Pelatihan Hiperbarik Oksigen Therapy (HBOT)

 


Sotarduganews.com || Morotai-

Pelatihan Hiperbarik Oksigen Therapy (HBOT) dihelat pihak RSUD Kabupaten Pulau Morotai yang berlangsung selama kurang lebih 5 hari sejak tanggal 15-19 maret 2021 bertempat di ruangan pelayanan penanganan hiperbarik chamber RSUD Pulau Morotai.

Dalam pelatihan ini pihak RSUD dan Dinas Kesehatan mendatangkan instruktur kusus Dokter Spesialis Kelautan yakni dr. H. Adi Riyono,SpKL yang disponsori oleh Poly Medical dan Rajawali Nusindo yg merupakan rekanan dalam pengadaan alat ini.

 dibenarkan oleh Direktur RSUD Morotai dr.Novindra Humbas yg akrab disapa dr.tonny mengatakan jika Kabupaten Pulau Morotai yang memiliki wisata alam berupa pantai dan ada juga spot-spot diving dasar laut yang menampilkan keindahan alam dasar laut untuk bisa dijual dan mendatangkan wisatawan.

Selain wisata alam dasar laut nan indah,terdapat juga wisata sejarah perang dunia berupa pesawat tempur yg masih ada dalam laut.

Ditambahkan juga jika laut morotai mempunyai spot wisata ikan hiu dimana terdapat banyak spesies hiu yg ada di dalam laut Morotai.

Beranjak dari inilah sehingga pemerintah daerah lewat Bupati Benny Laos dan Wakil Bupati Asrun Padoma menjadikan alat hiperbarik chamber ini sebagai suatu terapi kesehatan unggulan yg ada di RSUD Pulau Morotai.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan & KB Pulau Morotai yakni dr.Julys Giscard Kroons yg dikenal dengan panggilan sehari-hari dr. Is.

Dalam sambutannya dr.Is menyampaikan jika alat hiperbarik chamber ini sudah ada dari beberapa tahun sebelumnya dan dimaksudkan untuk mendorong sektor pariwisata kusus wisata pantai dan laut yg ada di kabupaten Pulau Morotai. Karna dengan adanya alat ini maka para penyelam,divers-divers,wisatawan akan merasa aman dan nyaman jika berwisata ke Morotai.

Selain itu alat hiperbarik chamber ini adalah alat satu-satunya yang ada di Propinsi Maluku Utara yang berada di RSUD Morotai. Kedepan dengan berfungsinya alat ini berarti penanganan hiperbarik di maluku utara pasti akan dirujuk ke Morotai.

Dan bisa juga dalam dunia pendidikan (kedokteran) yang ada di Unhair Ternate jika mahasiswanya akan belajar terkait alat ini maka pasti mereka akan belajar ke Morotai dan adik-adik yang dilatih inilah yang nantinya akan memberikan bimbingan kepada mereka.

Di akhir sambutannya Kadinkes Morotai menyampaikan kepada para peserta pelatihan untuk dapat mengikuti dan menyerap semua ilmu yang diberikan instruktur/pelatih agar nantinya kita mampu mengoperasionalkan alat ini dalam menunjang penanganan kesehatan untuk terapi oksigen (hiperbaric oksygen therapy).

(Oje)

Tags :

bm
Created by: Sotarduga

Sotarduganews adalah media Independen, dan selalu menyajikan berita dengan fakta yang Akurat Tajam dan Terpercaya, Sotarduganews tidak beraviliasi kemanapun.

Posting Komentar