Nuzulul Qura'an 1442/2021M Hijriyah,Wabup pulau morotai Dan Forkopimda Sapa Warga Secara Langsung

Sotarduganews.com || Morotai– 

Pemerintah Kabupaten pulau morotai dan Forkopimda memulai program Nuzulul Qura'an  1422/2021 M pada Kamis (29/04/2021). Memperingati Nuzulul Qura'an ini adalah bentuk silaturahmi langsung Pemerintah dengan rakyatnya.

Kunjungan pertama sekaligus pembuka program Nuzulul Qura'an bertempat di Masjid Muhajirin, Desa muhajirin, Kec. Morotai selatan.

Wakil Bupati H. Asrun Padoma. S. Ag bersama rombongan memulai Nuzulul Qura'an dengan  Salat Isya dan Tarawih berjamaah bersama warga di Masjid.

Ketua panitia rektor unipas 

Irfan Hi. Abdurahman, 

Perlu kami sampaikan, kami atas nama badan Ta'mir masjid Al-Muhajirin, memang sudah lama merencanakan kegiatan seperti ini hanya karena beberapa tahun sebelumnya kita kita diperhadapkan dengan situasi Covid yg memang menguras tenaga kita sehingga kita belum melakukan kreativitas seperti ini.

Sebenarnya badan Ta'mir masjid ini juga merencanakan kegiatan-kegiatan seperti ini dalam rangka bagian dari syiar Islam yang saya pikir di Morotai akhir-akhir ini mengalami distorsi atau semacam kita stagnan dalam peringatan-peringatan seperti ini.

Bahwa Allah berfirman dalam surah Al Baqarah itu, bahwa Al-Qur'an itu tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi orang-orang bertakwa." Artinya bahwa kalau ini kita lupa maka malam ini kita diingatkan kembali. Mudah-mudahan dengan tausiyah yg akan disampaikan Al-ustadz bisa meningkatkan spirit kita untuk merefleksikan kembali bagaimana Firman Allah itu diturunkan dengan perantara. Malaikat Jibril as.

Kamenag kab pulau morotai Hi Hasyim Hi. Hamzah, Mudah-mudahan kehadiran kita semua pada malam hari ini akan memberikan manfaat yang besar sekaligus bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu, rasanya baru kemarin kita melaksanakan puasa Ramadhan ternyata hari ini kita sudah berada pada fase kedua ramadhan yaitu fase Rahmat.

Berkenaan dengan fase kedua ini, di malam ke 18 kita melaksanakan peringatan Nuzulul Qur'an sebagai wujud kita mencintai Al-Qur'an yang diturunkan oleh Allah ta'ala kepada manusia wabil khusus kepada kita kaum muslimin dan muslimat.

Saya ingin sampaikan bahwa Al-Qur'an adalah pegangan dan pedoman bagi kita kaum muslimin yang mengaku sebagai orang yang beriman. Karena Al-Qur'an sebagai pedoman dan pegangan hidup maka Al-Qur'an menjadi pemandu jalan untuk kita menempuh kehidupan didunia ini sebagai manusia-manusia yang baik. Menjadi manusia-manusia yang berlaku jujur, karena Al-Qur'an hadir untuk mengajarkan kita tentang kejujuran, keadilan, kebersamaan, kesatuan, kerukunan dan mampu menjaga yang namanya kehidupan seimbang antara dunia dan akhirat. Mampu menciptakan kehidupan moderasi beragama, menjadi Islam yang washatia, Islam yang moderat, Islam yang tidak berat ekstrim kiri dan ekstrim kanan. Hadirnya Al-Qur'an untuk bagaimana mengajarkan kita untuk bagaimana membangun Islam yang tengah yang merupakan implementasi daripada anjuran Al-Qur'an itu sendiri.

Karena itu jama sekalian mari kita jadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dengan tetap kita membaca, mengkaji dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur'an ini. Jangan cuma sekedar baca, yang lebih susah lagi kalau tidak baca.

Mudah-mudahan ramadhan yang sisa 10 hari lebih lagi ini, kita terus dan tetap mentadaburkan Al-Qur'an sebagai bagian dari kehidupan kita, sebagai bagian dari nafas kita, sebagai bagian dari gerak dan langkah kita dalam mengisi nilai kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati H. Asrun Padoma meminta warga untuk berdoa bersama agar Pandemi Covid-19 ini segera dicabut oleh Allah SWT. Yang saya hormati rektor universitas Pasifik, mudah-mudahan amanah yang telah diberikan dibawah secara baik dan anak-anak kita, SDM kita di kabupaten pulau Morotai tumbuh secara bagus dan kedepan SDM Morotai sudah jadi yang terbaik.

Malam ini kita bekerja sama Antara Pemda dengan Badan Ta'mir desa Muhajirin melaksanakan kegiatan Nuzul Quran, jadi kalau besok ada kegiatan Nuzul Quran di desa Gotalamo silahkan kerjasama dengan kesra/Pemda Terangnya.

(Red)

Tags :

bm
Created by: Sotarduga

Sotarduganews adalah media Independen, dan selalu menyajikan berita dengan fakta yang Akurat Tajam dan Terpercaya, Sotarduganews tidak beraviliasi kemanapun.

Posting Komentar