Perjuangkan Nasib Kaum Termajinalkan,BAI DPC Jakarta Timur Kian Disegani

 


Sotarduganews.com || Jakarta-

Seiring dengan makin maraknya human travicking dan persoalan yang ditengah masyarakat, dan pemerintah sendiri telah mencabut moratorium dengan negara negara di Timur Tengah sejak 2016, namun sampai dengan saat ini masih ada saja oknum oknum nakal yamg memperdagangkan atau mengirimkan tenaga kerja asal Indonesia kesana. Hal ini kemudian membuat membuat BAI (Badan Advokasi Indonesia) terutama DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Jakarta Timur yang terus melakukan upaya untuk segera menyelesaikan derita dan derita yang nampaknya diterima dan terpaksa harus dialami TKI kita, terutama tenaga kerja wanita.

Ditemui di kantornya,   Nurdin Aliandi, Ketua DPC BAI Jakarta Timur mengatakan, sejak berdiri di tahun 2016 telah banyak kasus yang diselesaikan oleh BAI, terutama permasalahan peragangan manusia atau maslah TKI, yang lebih menarik adalah ketika kami (BAI-red) membantu memulangkan salah satu TKW yang terganggu jiwanya karna diperlakukan sangat tidak manusiawi oleh majikannya di Bahrain, terangnya, tidak hanya mendapakan perlakukan yang tidak pantas dan layak dari majikannya, tapi TKW tersebut juga tidak dibayarkan gajinya oleh majikannya. Tandas Nurdin.

Lebih lanjut Nurdin, tidak hanya masalah perdagangan manusia saja, tapi kami (BAI-red) juga telah banyak membantu warga masyarakat yang tanahnya dicaplok orang, BAI juga mengedukasi masyarakat tentang hukum, ujarnya, karna, lanjut Nurdin, banyak masyarakat kita yang belum mengerti hukum, biar kemerdekaan untuk rakyat kecil itu dapat dirasakan, siapapun yang meminta bantuan kepada BAI, akan kita layani, ujarnya, dikatakan Nurdin, kalaupun ada masalah hukum yang akan timbul, BAI memiliki Pengacara yang siap membantu. 

“BAI didirikan hanya untuk rakyat atau membantu rakyat”, jelas Nurdin, lebih lanjut dia mengatakan, BAI sifatnya sosial,  BAI sendiri juga disini belajar hukum, jangan sampai kita sendiri buta mengenai hukum, lanjutnya, kami disini pun belajar hukum dari pagi sampai sore. tegas Nurdin.

Dikatakannya,  berbagai masalah yang dialami masayarkat pasti dibantu  BAI, entah itu  sengketa tanah, masalah leasing  juga dibantu BAI, tidak hanya masyarakat biasa, lanjutnya, ketika ada Pengacara yang melenceng BAI memiliki wewenang untuk menegur Pengacara tersebut, BAI sendiri memiliki Para Legal yang sudah terverifikasi oleh Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM DKI Jakarta, lanjutnya, fungsi dari Para Legal sendiri adalah untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami permasalahan hukum yang tidak memiliki biaya untuk mengurus perkaranya, lebih jauh dikatakan Nurdin, saat ini BAI sedang mengadvokasi beberapa masyarakat yang tanahnya dipakai untuk jalan Tol, tapi belum diselesaikan pembayarannya. Demikian dikatakan Nurdin Aliandi.

Penulis : VL

Tags :

bm
Created by: Sotarduga

Sotarduganews adalah media Independen, dan selalu menyajikan berita dengan fakta yang Akurat Tajam dan Terpercaya, Sotarduganews tidak beraviliasi kemanapun.

Posting Komentar