Ratusan Jiwa Melayang Dan Puluhan Rumah Rusak Akibat Longsor Dan Banjir Bandang Menerpa Adonara

 


Sotarduganews.com || Adonara-

Lebih dari 100 nyawa melayang dan puluhan rumah hanyut terbawa dan terendam banjir serta tertimbun lumpur akibat longsor dan banjir bandang menimpah empat wilayah yakni Adonara Timur, Ile Boleng dan Wotan Ulu Mado serta Adonara Barat di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur-Nusa Tenggara Timur (NTT).

Demikian data yang dihimpun Sotarduganews dari lapangan pada Senin, (5/04/2021) malam. Namun data ini masih terus diupdate lantaran banyak korban hilang yang belum ditemukan akibat kesulitan evakuasi karena cuaca hujan badai masih belum bersahabat dan minimnya peralatan untuk dapat mempercepat proses pencarian.

Sementara Konperensi Pers BNPB yang disampaikan Dr. Raditya Jati S.Si,. M.Si menyatakan dari 4 Kecamatan yang terkena bencana meliputi 7 Desa yakni: Kecamatan Ile Boleng di desa  Nele Lamadike, Kecamatan Adonara Timur di Kel.Waiwerang dan Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Barat  di desa Waiwdan dan desa Duwanur serta Kecamatan  Wotan Ulu Mado di Desa Oyang Barang dan desa Pandai.

Dari ke empat kecamatan korban bencana tersebut yang paling parah adalah longsor di Ile Boleng sebagaimana konperensi pers yang disampaikan Dr. Jati sesuai data yang dihimpun Per jam 17.30 (5/40,  korban Longsor di Desa Nele Lamadike sesuai data terferifikasi di lapangan 41 org meninggal, 9 orang luka, 27 orang hilang dan 49 KK terdampak. Akan tetapi data tersebut, kata dia, masih terus diupdate seiring upaya pencarian oleh Tim gabungan dan para relawan di lokasi bencana. 

Setelah Ile Boleng menyusul Banjir Bandang Kecamatan Adonara Timur dengan korban meninggal 9 orang, Wotan Ulu Mado tiga orang belum terhitung korban luka dan belum ditemukan, sedangkan Adonara Barat tidak ada korban jiwa namun banyak kerusakan bangunan yang dialami.

Sementara ini, kata Raditya, para warga terdampak longsor di Nele Lamadike ditempatkan di di Balai Desa Nelelamadike, sedangkan di tiga wilayah lainnya masih harus diupdate. 

Mereka juga sudah mendapatkan batuan logistic berupa 1002 paket makanan, 1002 paket  lauk pauk, 1002 paket makanan tambhan gizi,  3000 lembar kain panas, 2000 lembar sarung dan demi mencegah penyebaran Covid-19 disediakan pula rapid test antigen 10.000 test, masker kain 1000 pcs serta masker medis 1000 pcs.   

Untuk Wilayah lain di NTT seperti Lembata, Alor, Kupang, Malaka dan Sabu Rijau dan Rote masih terus didata untuk segera disampaikan.


Penuis: bernad

Tags :

bm
Created by: Sotarduga

Sotarduganews adalah media Independen, dan selalu menyajikan berita dengan fakta yang Akurat Tajam dan Terpercaya, Sotarduganews tidak beraviliasi kemanapun.

Posting Komentar