Syafri Onga Alias Isyaf Nago Berkomitmen Siap Mendampingi Serta Mengawal Program KNPI Kampar

Sotarduganews.com || Kampar -

Untuk memajukan usaha kuliner khas daerah di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar. Untuk itu Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga (PPJI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kampar, berkomitmen akan mematenkan makanah kuliner Khas Daerah.

Hal ini disampaikan Ketua DPD PPJI Provinsi Riau Alfa Noni, saat kunjungannya di Kabupaten Kampar, yang terkesan sekali dengan banyaknya makanan khas kuliner Kampar yang sangat banyak dijumpainya. "Saya terkesan dengan Kuliner Kampar ini, makanan kulinernya sangat menggiurkan dan membuat ingin terus mencobanya,"ungkapnya, Rabu (07/4) sore.

Ia menyampaikan tujuan PPJI ini hadir adalah untuk mewadahi bisnis kuliner daerah. Sehingga produk kuliner daerah ini bisa dipasarkan di tingkat nasional dan internasional. " Karena kita orang Indonesia ini banyak lupa ternyata makanan kuliner milik kita ini sangat nikmat sekali dari makanan yang berada diluar negeri sana. Jadi peluang bisnis kuliner daerah ini harus kita kembangkan,"ujarnya.

Maka dari itu kata Alfa Noni, PPJI Riau dan Kampar dalam waktu kedepan akan melakukan pendataan makanan khas kuliner daerah ini, yang banyak sekali jumlahnya. " Jadi dengan pendataan kuliner daerah ini bisa kita patenkan makanan makanan daerah. Sehingga tidak diambil pihak lain,"jelasnya.

-Omping Badodih Harus di Viralkan.

Sedangkan Ketua PPJI DPC Kampar Ria Gustina, menyampaikan mengenai Omping badodih, makanan khas kampar yang mempunyai nilai gizi yang bagus harus di viralkan sampai nasional. " Sebab makanan ini sangat menyehatkan bagi yang memakannya,"tuturnya.

Untuk itu Omping badodih milik kampar ini, harus ada ditempat tempat wisata, kata Ria Gustina. Karena itu kita berharap tempat tempat wisata yang ada di Kampar ini memberikan tempat untuk kuliner lokal. "Hanya dengan begitu makanan kuliner kita dikenal oleh orang banyak. Makanya kerjasama itu sangat penting sekali,"pesannya.

Selain itu kita sangat berharap untuk Pemerintah Kabupaten Kampar, dapat membuat baliho yang memperkenalkan khas kuliner Kampar. "Karena tanpa ada bantuan pemerintah memperkenalkan makanan khas daerah, tamu tamu pemerintah yang hadir tidak akan mengetahuinya. Untuk peran pemerintah sangat penting,"tuturnya.

-KNPI Akan Gerakan Pemuda.

Ketua KNPI Kampar Abu Nazar, menyebutkan dirinya akan menggerakkan pemuda di Kampar agar menjadi pembinis makanan khas kuliner lokal daerah. "Untuk itu program PPJI ini akan kita dukung penuh,"ungkapnya.

Abu Nazar juga mengatakan kalau, KNPI Kampar mempunyai visi membangun generasi muda yang mempunyai jiwa pembisnis. "Karena itu  pemuda dan pemudi  akan kita galakan dalam memperkenalkan makanan daerah. Karena para pemuda dan pemudi yang mampu untuk membuat kuliner ini jadi terkenal,"sebutnya.

Selain itu sudah saatnya pola pikir pemuda dan pemudi daerah ini kita rubah, menjadi jiwa pembisnis dengan usaha sendiri ataupun dengan cara yang lain. " Karena selama ini pola pikir pemuda itu hanya bertujuan jadi PNS. Untuk itu harus dirubah dari sekarang,"jelasnya.

Karena itu KNPI Kampar akan membantu program PPJI ini agar para pemuda bisa menjadi pembisnis muda. Kemudian untuk membantu menyalurkan usaha bisnis ini KNPI Kampar akan meminta peran pemerintah. "Pemerintah harus hadir memberikan dukungan baik moril dan materil agar usaha kuliner dapat maju,"pungkasnya. 

Syafri Onga alias Isyaf Nago wakil ketua bidang keamanan KNPI Kampar siap setia mendampingi dan mengawal program KNPI Kampar serta berharap kedepan, generasi muda di kab. Kampar mampu merubah pola fikir demi kemajuan bersama. 

(rls/rano)



Tags :

bm
Created by: Sotarduga

Sotarduganews adalah media Independen, dan selalu menyajikan berita dengan fakta yang Akurat Tajam dan Terpercaya, Sotarduganews tidak beraviliasi kemanapun.

Posting Komentar